Apakah Menerbangkan Drone Perlu Sertifikat?

Apakah menerbangkan drone perlu sertifikat?

Banyak orang tertarik dengan drone sebagai mainan dan alat fotografi, namun masih banyak yang bertanya-tanya apakah menerbangkan drone perlu sertifikat atau tidak. Sebenarnya, aturan mengenai penggunaan drone di Indonesia memang sudah cukup jelas, dan perlu diketahui oleh semua orang yang ingin menggunakan drone.

Detail

Definisi Drone

Sebelum membahas lebih jauh mengenai sertifikat drone, kita perlu memahami terlebih dahulu apa itu drone. Drone atau pesawat nirawak adalah pesawat yang dikendalikan secara remote. Drone biasanya digunakan untuk pengambilan gambar atau survei daerah yang sulit dijangkau manusia.

Aturan Penggunaan Drone

Saat ini, penggunaan drone di Indonesia diatur oleh Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan. Berdasarkan undang-undang tersebut, setiap pesawat udara yang terbang di wilayah Indonesia harus memiliki izin terbang dari otoritas penerbangan sipil.

Sertifikat Drone

Apakah menerbangkan drone perlu sertifikat? Jawabannya tergantung pada jenis drone yang digunakan. Jika drone yang digunakan memiliki berat lebih dari 250 gram, maka pemilik drone harus memiliki sertifikat pengendali drone.

Mendapatkan Sertifikat Drone

Untuk mendapatkan sertifikat pengendali drone, seseorang harus mengikuti pelatihan dan ujian dari penyelenggara pelatihan sertifikat pengendali drone yang telah disetujui oleh Kementerian Perhubungan. Setelah lulus ujian, seseorang akan diberikan sertifikat pengendali drone yang berlaku selama tiga tahun.

Baca Juga :   Apakah Tol Jagorawi Ada Rest Area?

Sanksi Pelanggaran Aturan Drone

Jika seseorang melanggar aturan penggunaan drone, maka akan dikenakan sanksi berupa denda atau bahkan penjara. Sanksi yang diberikan tergantung pada tingkat pelanggaran yang dilakukan.

Penggunaan Drone di Tempat Terlarang

Penggunaan drone di tempat-tempat terlarang seperti bandara, instalasi militer, dan gedung-gedung pemerintahan juga dilarang. Pelanggaran tersebut bisa dikenakan sanksi yang lebih berat.

Yang sering ditanyakan

Apakah semua jenis drone perlu sertifikat pengendali drone?

Tidak semua jenis drone perlu sertifikat pengendali drone. Hanya drone yang memiliki berat lebih dari 250 gram yang perlu memiliki sertifikat pengendali drone.

Bagaimana cara mendapatkan sertifikat pengendali drone?

Untuk mendapatkan sertifikat pengendali drone, seseorang harus mengikuti pelatihan dan ujian dari penyelenggara pelatihan sertifikat pengendali drone yang telah disetujui oleh Kementerian Perhubungan.

Apakah sertifikat pengendali drone berlaku seumur hidup?

Tidak, sertifikat pengendali drone berlaku selama tiga tahun. Setelah itu, seseorang harus mengikuti pelatihan dan ujian lagi untuk memperpanjang sertifikat tersebut.

Bagaimana jika seseorang menerbangkan drone tanpa sertifikat?

Jika seseorang menerbangkan drone tanpa sertifikat, maka bisa dikenakan sanksi berupa denda atau bahkan penjara.

Apakah kegiatan fotografi dengan drone perlu sertifikat?

Ya, kegiatan fotografi dengan drone juga perlu sertifikat pengendali drone jika drone yang digunakan memiliki berat lebih dari 250 gram.

Bagaimana cara menghindari pelanggaran aturan drone?

Cara terbaik untuk menghindari pelanggaran aturan drone adalah dengan memahami aturan-aturan yang berlaku dan mengikuti pelatihan sertifikat pengendali drone.

Apakah penggunaan drone di tempat-tempat umum diatur oleh undang-undang?

Ya, penggunaan drone di tempat-tempat umum diatur oleh undang-undang. Penggunaan drone di tempat-tempat umum harus dilakukan dengan aturan dan izin yang berlaku.

Baca Juga :   Spesifikasi Drone Syma 8X Pro

Apakah undang-undang tentang drone sama di setiap negara?

Tidak, undang-undang tentang drone berbeda-beda di setiap negara. Oleh karena itu, jika ingin menggunakan drone di negara lain, sebaiknya memahami terlebih dahulu aturan yang berlaku di negara tersebut.

Pros

Dengan adanya aturan penggunaan drone yang jelas, maka penggunaan drone akan lebih aman dan terkontrol. Selain itu, dengan memiliki sertifikat pengendali drone, maka seseorang akan lebih terlatih dan kompeten dalam mengoperasikan drone.

Tips

Jika ingin menggunakan drone, pastikan untuk memahami terlebih dahulu aturan-aturan yang berlaku dan mengikuti pelatihan sertifikat pengendali drone. Selain itu, pastikan juga untuk menggunakan drone dengan bijak dan tidak mengganggu keamanan atau privasi orang lain.

Kesimpulan dari Apakah menerbangkan drone perlu sertifikat?

Apakah menerbangkan drone perlu sertifikat? Ya, jika drone yang digunakan memiliki berat lebih dari 250 gram. Sertifikat pengendali drone bisa diperoleh dengan mengikuti pelatihan dan ujian dari penyelenggara pelatihan sertifikat pengendali drone yang telah disetujui oleh Kementerian Perhubungan. Pelanggaran aturan drone bisa dikenakan sanksi berupa denda atau bahkan penjara. Sebaiknya memahami aturan-aturan yang berlaku dan mengikuti pelatihan sertifikat pengendali drone sebelum menggunakan drone.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *