Biaya Membuat Imb Rumah Lama

biaya membuat imb rumah lama

Membangun atau memperbaiki rumah pasti membutuhkan izin mendirikan bangunan atau IMB. Apalagi jika rumah yang akan di bangun atau diperbaiki sudah lama dan belum pernah memiliki IMB sebelumnya. Artikel ini akan membahas biaya membuat IMB rumah lama.

Sebelum membahas biaya membuat IMB rumah lama, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu definisi rumah lama. Rumah lama adalah rumah yang telah berumur lebih dari 10 tahun atau rumah yang tidak memiliki dokumen IMB.

Komponen Biaya Membuat IMB

Ada beberapa komponen biaya yang harus dikeluarkan saat membuat IMB rumah lama. Berikut adalah komponen biaya tersebut:

  • Pembuatan denah
  • Pembuatan gambar tampak dan potongan
  • Pembuatan gambar detail bangunan
  • Pembuatan RAB (Rencana Anggaran Biaya)
  • Pembayaran PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) tahun berjalan
  • Pembayaran retribusi IMB

Estimasi Biaya Membuat IMB Rumah Lama

Perhitungan biaya membuat IMB rumah lama tidak bisa dihitung secara pasti karena tergantung dari lokasi rumah dan kebijakan pemerintah daerah setempat. Namun, secara rata-rata, biaya membuat IMB rumah lama berkisar antara Rp 1.000.000 – Rp 5.000.000.

Baca Juga :   Berapa Biaya Imb Per Meter?

Waktu Pengerjaan

Waktu pengerjaan membuat IMB rumah lama juga berbeda-beda tergantung dari kompleksitas bangunan dan kebijakan pemerintah daerah setempat. Namun, secara rata-rata, waktu pengerjaan membuat IMB rumah lama berkisar antara 1-2 bulan.

Penyedia Jasa Pembuatan IMB

Jika merasa kesulitan dalam membuat IMB rumah lama, Anda dapat memilih jasa penyedia pembuatan IMB yang profesional dan terpercaya. Namun, pastikan untuk memilih penyedia jasa yang memiliki izin resmi dan sudah berpengalaman dalam membuat IMB.

Pentingnya Memiliki IMB

Memiliki IMB sangat penting untuk melindungi bangunan Anda dari tindakan penertiban pemerintah. Selain itu, IMB juga berguna sebagai sarana untuk mengetahui legalitas bangunan Anda dan sebagai syarat untuk mendapatkan layanan publik seperti listrik dan air bersih.

Proses Perpanjangan IMB

IMB memiliki masa berlaku tertentu dan harus diperpanjang sesuai dengan peraturan yang berlaku. Proses perpanjangan IMB rumah lama tidak berbeda jauh dengan membuat IMB baru. Namun, biaya dan waktu pengerjaan dapat berbeda tergantung dari kebijakan pemerintah daerah setempat.

Yang sering ditanyakan

Apa saja komponen biaya membuat IMB rumah lama?

Komponen biaya membuat IMB rumah lama antara lain pembuatan denah, gambar tampak dan potongan, gambar detail bangunan, pembuatan RAB, pembayaran PBB, dan pembayaran retribusi IMB.

Apakah biaya membuat IMB rumah lama bisa dihitung secara pasti?

Tidak bisa dihitung secara pasti karena tergantung dari lokasi rumah dan kebijakan pemerintah daerah setempat.

Apakah wajib memiliki IMB untuk rumah lama?

Ya, wajib memiliki IMB untuk melindungi bangunan Anda dari tindakan penertiban pemerintah dan sebagai syarat untuk mendapatkan layanan publik seperti listrik dan air bersih.

Berapa lama waktu pengerjaan membuat IMB rumah lama?

Waktu pengerjaan membuat IMB rumah lama berkisar antara 1-2 bulan tergantung dari kompleksitas bangunan dan kebijakan pemerintah daerah setempat.

Baca Juga :   Biaya Imb Rumah 3 Lantai

Bagaimana cara memilih penyedia jasa pembuatan IMB yang terpercaya?

Pilih penyedia jasa yang memiliki izin resmi dan sudah berpengalaman dalam membuat IMB.

Berapa biaya perpanjangan IMB rumah lama?

Biaya perpanjangan IMB rumah lama dapat berbeda tergantung dari kebijakan pemerintah daerah setempat.

Apa saja manfaat memiliki IMB?

IMB berguna sebagai sarana untuk mengetahui legalitas bangunan Anda dan sebagai syarat untuk mendapatkan layanan publik seperti listrik dan air bersih.

Apakah IMB memiliki masa berlaku?

Ya, IMB memiliki masa berlaku tertentu dan harus diperpanjang sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Pros

Mengurus IMB rumah lama dapat melindungi bangunan Anda dari tindakan penertiban pemerintah dan sebagai syarat untuk mendapatkan layanan publik seperti listrik dan air bersih.

Tips

Sebaiknya mengurus IMB rumah lama segera setelah membeli atau mendapatkan rumah tersebut agar terhindar dari tindakan penertiban pemerintah.

Kesimpulan dari biaya membuat imb rumah lama

Biaya membuat IMB rumah lama berkisar antara Rp 1.000.000 – Rp 5.000.000 dan waktu pengerjaan berkisar antara 1-2 bulan tergantung dari kompleksitas bangunan dan kebijakan pemerintah daerah setempat. IMB memiliki masa berlaku tertentu dan harus diperpanjang sesuai dengan peraturan yang berlaku. Memiliki IMB sangat penting untuk melindungi bangunan Anda dari tindakan penertiban pemerintah dan sebagai syarat untuk mendapatkan layanan publik seperti listrik dan air bersih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *