Tips Cara Menghilangkan Credit Basemap Pada Arcgis

Tips Cara Menghilangkan Credit Basemap pada ArcGIS

ArcGIS adalah salah satu software yang sering digunakan di bidang pemetaan. Dalam penggunaannya, ArcGIS biasanya menyediakan peta dasar atau basemap yang dapat digunakan untuk melihat lokasi secara lebih jelas. Namun, terkadang credit basemap pada ArcGIS menjadi mengganggu tampilan peta. Berikut adalah tips cara menghilangkan credit basemap pada ArcGIS.

1. Mematikan Basemap secara Keseluruhan

Cara termudah untuk menghapus credit basemap pada ArcGIS adalah dengan mematikan basemap secara keseluruhan. Caranya adalah dengan masuk ke menu “View” pada ArcMap dan klik “Data Frame Properties”. Kemudian, pilih tab “Data Frame” dan hilangkan centang pada pilihan “Automatically set display resolution”. Setelah itu, pilih opsi “No basemap” pada “Map Layers”.

2. Menghapus Credit Basemap Secara Manual

Anda juga dapat menghapus credit basemap pada ArcGIS dengan cara manual. Caranya adalah dengan menghapus layer yang berisi credit basemap. Untuk melakukannya, klik kanan pada layer yang ingin dihapus dan pilih “Remove”. Setelah itu, credit basemap akan hilang dari tampilan peta.

Baca Juga :   Harga Vivo Drone Camera Phone Di Bangladesh

3. Mengubah Tampilan Credit Basemap

Jika Anda ingin mengubah tampilan credit basemap pada ArcGIS, caranya cukup mudah. Anda hanya perlu mengubah opsi “Maplex Label Engine” pada ArcMap. Caranya adalah dengan masuk ke menu “Labeling” dan pilih “Maplex Label Engine”. Kemudian, atur opsi “Label Density” dan “Label Buffer” sesuai dengan keinginan Anda.

4. Menggunakan Peta Dasar Alternatif

Jika credit basemap pada ArcGIS terlalu mengganggu, Anda dapat menggunakan peta dasar alternatif. Caranya adalah dengan mengunduh peta dasar yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan menggunakannya sebagai layer pada ArcMap. Dengan menggunakan peta dasar alternatif, Anda tidak perlu khawatir tentang credit basemap lagi.

5. Menggunakan ArcGIS Pro

Jika Anda tidak ingin terganggu dengan credit basemap pada ArcGIS, Anda dapat menggunakan ArcGIS Pro. Software ini tidak menyertakan credit basemap pada tampilan peta, sehingga Anda tidak perlu menghapus atau mengubah tampilannya. Namun, Anda perlu membeli lisensi ArcGIS Pro untuk dapat menggunakannya.

6. Menggunakan OpenStreetMap

Jika Anda mencari peta dasar yang gratis dan open source, Anda dapat menggunakan OpenStreetMap. Peta ini dapat digunakan pada ArcMap dan ArcGIS Pro tanpa perlu khawatir tentang credit basemap. Caranya adalah dengan mengunduh layer OpenStreetMap pada ArcMap atau ArcGIS Pro.

Yang sering ditanyakan

1. Apa itu Credit Basemap pada ArcGIS?

Credit Basemap pada ArcGIS adalah tulisan kecil yang muncul di sudut kanan bawah peta yang menunjukkan bahwa peta tersebut menggunakan peta dasar dari ArcGIS.

2. Mengapa saya perlu menghapus Credit Basemap pada ArcGIS?

Anda mungkin ingin menghapus credit basemap pada ArcGIS agar tampilan peta menjadi lebih bersih atau untuk alasan estetika.

3. Apakah saya perlu membeli lisensi ArcGIS Pro untuk menghilangkan Credit Basemap?

Ya, Anda perlu membeli lisensi ArcGIS Pro untuk dapat menggunakan software tersebut dan tidak terganggu dengan credit basemap pada tampilan peta.

Baca Juga :   Template Desain Buku Tahunan Sekolah

4. Apakah saya dapat menggunakan peta dasar alternatif selain OpenStreetMap?

Tentu saja. Anda dapat menggunakan peta dasar alternatif yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Namun, pastikan bahwa peta tersebut memiliki lisensi yang sesuai untuk digunakan.

5. Apakah menghapus Credit Basemap pada ArcGIS akan mempengaruhi kinerja software?

Tidak, menghapus credit basemap pada ArcGIS tidak akan mempengaruhi kinerja software.

6. Dapatkah saya mengubah tampilan Credit Basemap pada ArcGIS?

Ya, Anda dapat mengubah tampilan credit basemap pada ArcGIS dengan mengubah opsi “Maplex Label Engine” pada ArcMap.

7. Apakah OpenStreetMap gratis?

Ya, OpenStreetMap adalah peta dasar yang gratis dan open source.

8. Dapatkah saya menghapus Credit Basemap pada ArcGIS Online?

Ya, Anda dapat menghapus credit basemap pada ArcGIS Online dengan cara yang sama seperti pada ArcMap atau ArcGIS Pro.

Pros

Dengan menghapus credit basemap pada ArcGIS, tampilan peta akan menjadi lebih bersih dan estetis. Selain itu, Anda dapat menggunakan peta dasar alternatif yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tips

Jika Anda sering menggunakan ArcGIS, disarankan untuk membeli lisensi ArcGIS Pro agar tidak terganggu dengan credit basemap pada tampilan peta.

Kesimpulan dari Tips Cara Menghilangkan Credit Basemap pada ArcGIS

Credit basemap pada ArcGIS dapat dihapus dengan mematikan basemap, menghapus layer yang berisi credit basemap, mengubah tampilan credit basemap, menggunakan peta dasar alternatif, menggunakan ArcGIS Pro, atau menggunakan OpenStreetMap. Dengan menghapus credit basemap, tampilan peta akan menjadi lebih bersih dan estetis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *