Tutorial Cara Merakit Drone Fpv

Tutorial cara merakit drone fpv

Drone FPV adalah drone yang dilengkapi dengan kamera dan video transmitter untuk siaran langsung dari udara. Merakit drone FPV tidaklah sulit, namun dibutuhkan beberapa pengetahuan dasar dan keterampilan teknis. Berikut ini adalah panduan lengkap tentang cara merakit drone FPV.

1. Komponen Drone FPV

Flight Controller

Flight controller adalah otak dari drone. Ini adalah modul elektronik yang mengontrol semua aspek terbang drone. Ada banyak jenis dan merek flight controller yang tersedia di pasaran, tetapi yang paling umum adalah F3 dan F4. Pada umumnya, flight controller dilengkapi dengan sensor seperti gyroscope, accelerometer, dan magnetometer untuk menjaga keseimbangan dan posisi drone.

ESC (Electronic Speed Controller)

ESC adalah modul yang mengontrol kecepatan motor drone. Setiap motor memerlukan satu ESC. ESC menerima sinyal dari flight controller dan mengirim daya ke motor. Ada banyak jenis dan merek ESC yang tersedia, tetapi yang paling umum adalah 20A dan 30A.

Motor

Motor adalah komponen yang memutar baling-baling drone. Ada dua jenis motor yang umum digunakan pada drone FPV, yaitu motor brushless dan motor brushed. Motor brushless lebih populer karena lebih efisien dan tahan lama dibandingkan motor brushed. Motor brushless juga memiliki kekuatan yang lebih besar dan kecepatan rotasi yang lebih tinggi.

Baca Juga :   Review: Camera Drone Dji Phantom 3

Propeller

Propeller adalah baling-baling drone. Ada banyak jenis dan ukuran propeller yang tersedia, tetapi yang paling umum digunakan pada drone FPV adalah propeller 5 inch. Propeller terbuat dari bahan plastik atau komposit dan memiliki dua jenis, yaitu CW (clockwise) dan CCW (counter-clockwise).

Baterai

Baterai adalah sumber daya utama drone. Ada banyak jenis dan merek baterai yang tersedia di pasaran, tetapi yang paling umum digunakan pada drone FPV adalah baterai LiPo (Lithium Polymer). Baterai LiPo memiliki kepadatan energi yang tinggi dan dapat memberikan daya yang cukup untuk terbang selama 5-10 menit.

Camera

Camera adalah komponen yang memungkinkan drone untuk siaran langsung dari udara. Kamera pada drone FPV biasanya memiliki resolusi 600TVL atau lebih tinggi dengan sudut pandang 120 derajat atau lebih. Ada banyak jenis dan merek kamera yang tersedia di pasaran, tetapi yang paling umum digunakan pada drone FPV adalah kamera CMOS.

Video Transmitter

Video transmitter (VTX) adalah modul yang mengirimkan siaran langsung dari kamera ke penerima di tanah. Ada banyak jenis dan merek VTX yang tersedia di pasaran, tetapi yang paling umum digunakan pada drone FPV adalah VTX dengan daya output 25mW, 200mW, atau 600mW.

2. Langkah-langkah Merakit Drone FPV

1. Pasang Motor pada Frame

Pasang motor pada frame dengan menggunakan baut dan mur. Pastikan motor dipasang dengan benar dan sejajar dengan frame. Motor harus dipasang dengan arah yang benar (CW atau CCW) dan posisi yang sama antara satu dan lainnya.

2. Pasang ESC pada Frame

Pasang ESC pada frame dengan menggunakan perekat atau baut dan mur. Pastikan ESC terletak di tempat yang aman dan tidak mudah terkena benturan atau kerusakan. Sambungkan ESC dengan motor menggunakan kabel.

Baca Juga :   Drone Pertanian Karya Anak Bangsa Indonesia

3. Pasang Flight Controller pada Frame

Pasang flight controller pada frame dengan menggunakan perekat atau baut dan mur. Pastikan flight controller terletak di tempat yang aman dan tidak mudah terkena benturan atau kerusakan. Sambungkan ESC, baterai, dan sensor pada flight controller dengan benar.

4. Pasang Kamera pada Frame

Pasang kamera pada frame dengan menggunakan perekat atau baut dan mur. Pastikan kamera terletak di tempat yang aman dan tidak mudah terkena benturan atau kerusakan. Sambungkan kamera dengan VTX menggunakan kabel.

5. Pasang VTX pada Frame

Pasang VTX pada frame dengan menggunakan perekat atau baut dan mur. Pastikan VTX terletak di tempat yang aman dan tidak mudah terkena benturan atau kerusakan. Sambungkan VTX dengan kamera dan baterai menggunakan kabel.

6. Pasang Baterai pada Frame

Pasang baterai pada frame dengan menggunakan perekat atau baut dan mur. Pastikan baterai terletak di tempat yang aman dan tidak mudah terkena benturan atau kerusakan. Sambungkan baterai dengan flight controller dan ESC menggunakan kabel.

3. FAQ

Apa yang dimaksud dengan drone FPV?

Drone FPV adalah drone yang dilengkapi dengan kamera dan video transmitter untuk siaran langsung dari udara. FPV adalah singkatan dari First Person View.

Apakah sulit merakit drone FPV?

Merakit drone FPV tidaklah sulit, namun dibutuhkan beberapa pengetahuan dasar dan keterampilan teknis. Perlu juga diingat bahwa setiap drone FPV memiliki karakteristik dan kebutuhan yang berbeda-beda.

Apa yang dibutuhkan untuk merakit drone FPV?

Untuk merakit drone FPV dibutuhkan komponen seperti flight controller, ESC, motor, propeller, baterai, kamera, dan video transmitter. Selain itu, juga dibutuhkan alat seperti solder, tang, dan obeng.

Baca Juga :   Rekomendasi Drone Murah Dengan Kamera Terbaik

Berapa lama drone FPV dapat terbang?

Drone FPV dapat terbang selama 5-10 menit tergantung pada kapasitas baterai dan kondisi terbang.

Apa yang harus diperhatikan saat terbang drone FPV?

Saat terbang drone FPV, pastikan untuk mematuhi peraturan terbang drone dan tidak mengganggu penerbangan pesawat lain. Selalu terbang di tempat yang aman dan terbuka, dan hindari terbang di dekat pohon, bangunan, atau jaringan kelistrikan.

Apa yang harus dilakukan jika drone FPV jatuh?

Jika drone FPV jatuh, periksa kondisi drone dan komponennya. Pastikan tidak ada kerusakan yang signifikan sebelum terbang kembali. Jika terdapat kerusakan, segera perbaiki atau ganti komponen yang rusak.

Bagaimana memilih komponen drone FPV?

Pilihlah komponen drone FPV yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda. Perhatikan spesifikasi dan performa komponen, serta merek dan kualitasnya.

Berapa biaya untuk merakit drone FPV?

Biaya untuk merakit drone FPV tergantung pada jenis dan merek komponen yang dipilih. Secara umum, biaya untuk merakit drone FPV berkisar antara 2-5 juta rupiah.

4. Pros

Merakit drone FPV dapat menjadi hobi yang menyenangkan dan menguntungkan. Selain itu, drone FPV juga dapat digunakan untuk keperluan fotografi dan video dari udara, survei dan pemetaan, atau bahkan balap drone.

5. Tips

Beberapa tips untuk merakit drone FPV:

  • Pilih komponen yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda
  • Perhatikan spesifikasi dan performa komponen, serta merek dan kualitasnya
  • Ikuti panduan merakit dengan baik dan benar
  • Periksa kondisi dan keamanan drone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *