Variasi Membuat Label Di Arcgis

Variasi Membuat Label Di ArcGIS

ArcGIS adalah salah satu software yang digunakan untuk pemetaan dan pengolahan data spasial. Salah satu fitur yang terdapat dalam ArcGIS adalah kemampuan untuk membuat label pada objek spasial. Label ini berfungsi sebagai tanda identifikasi pada objek spasial yang ada di peta. Dalam artikel ini, akan dijelaskan variasi cara membuat label di ArcGIS.

Mengaktifkan Label pada Layer

Langkah pertama untuk membuat label pada objek spasial adalah dengan mengaktifkan label pada layer yang diinginkan. Caranya adalah dengan klik kanan pada nama layer dan pilih Properties. Pada tab Labels, centang kotak Label Features in this layer, kemudian pilih Field yang akan digunakan sebagai label.

Menentukan Style Label

Setelah mengaktifkan label pada layer, langkah selanjutnya adalah menentukan style label yang diinginkan. Ada beberapa opsi style label yang bisa dipilih, seperti font, ukuran, warna, dan posisi label. Style label dapat diatur pada tab Label pada Properties layer.

Baca Juga :   Survey Pemetaan Di Bandung: Panduan Lengkap

Menyesuaikan Label dengan Format Peta

Setelah menentukan style label, langkah selanjutnya adalah menyesuaikan label dengan format peta yang diinginkan. Hal ini bisa dilakukan dengan mengatur posisi label, mengatur jarak antar label, dan mengatur orientasi label. Pengaturan ini bisa dilakukan pada tab Placement pada Properties layer.

Membuat Label dengan Expression

Menggunakan Expression Builder

Selain menggunakan field untuk label, ArcGIS juga menyediakan fitur Expression Builder untuk membuat label dengan menggunakan expression. Expression Builder memungkinkan pengguna untuk membuat label dengan rumus atau logika tertentu. Fitur ini dapat diakses pada tab Label pada Properties layer.

Contoh Penggunaan Expression

Sebagai contoh, jika ingin membuat label yang berisi kombinasi dari field tertentu, dapat digunakan expression berikut:

[FIELD1] + ” – ” + [FIELD2]

Expression tersebut akan menghasilkan label dengan format “nilai FIELD1 – nilai FIELD2”.

Membuat Label dengan Maplex Label Engine

Mengaktifkan Maplex Label Engine

Maplex Label Engine adalah fitur tambahan pada ArcGIS yang memungkinkan pengguna untuk membuat label yang lebih kompleks dan lebih akurat. Fitur ini dapat diaktifkan pada tab Label pada Properties layer.

Menentukan Rule Label

Setelah mengaktifkan Maplex Label Engine, langkah selanjutnya adalah menentukan rule label yang diinginkan. Rule label adalah aturan-aturan yang digunakan oleh Maplex Label Engine untuk menentukan posisi dan tampilan label pada peta. Rule label dapat diatur pada tab Maplex Label pada Properties layer.

Menyesuaikan Label dengan Fitur Geometri

Maplex Label Engine juga memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan label dengan fitur geometri pada peta. Hal ini dilakukan dengan menggunakan fitur fitting strategy pada tab Maplex Label pada Properties layer.

Yang sering ditanyakan

1. Apa itu label pada ArcGIS?

Label pada ArcGIS adalah tanda identifikasi pada objek spasial yang ada di peta.

Baca Juga :   Drone Ditemukan Pada Tahun Berapa?

2. Bagaimana cara mengaktifkan label pada layer di ArcGIS?

Cara mengaktifkan label pada layer adalah dengan klik kanan pada nama layer dan pilih Properties. Pada tab Labels, centang kotak Label Features in this layer, kemudian pilih Field yang akan digunakan sebagai label.

3. Apa itu Expression Builder pada ArcGIS?

Expression Builder pada ArcGIS adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk membuat label dengan menggunakan expression atau rumus tertentu.

4. Apa itu Maplex Label Engine pada ArcGIS?

Maplex Label Engine pada ArcGIS adalah fitur tambahan yang memungkinkan pengguna untuk membuat label yang lebih kompleks dan lebih akurat.

5. Apa itu rule label pada ArcGIS?

Rule label pada ArcGIS adalah aturan-aturan yang digunakan oleh Maplex Label Engine untuk menentukan posisi dan tampilan label pada peta.

6. Bagaimana cara menyesuaikan label dengan format peta di ArcGIS?

Cara menyesuaikan label dengan format peta adalah dengan mengatur posisi label, mengatur jarak antar label, dan mengatur orientasi label pada tab Placement pada Properties layer.

7. Apa itu fitting strategy pada ArcGIS?

Fitting strategy pada ArcGIS adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan label dengan fitur geometri pada peta.

8. Apakah Maplex Label Engine hanya tersedia pada versi tertentu dari ArcGIS?

Ya, Maplex Label Engine hanya tersedia pada versi tertentu dari ArcGIS, tergantung dari lisensi yang dimiliki oleh pengguna.

Pros

Dengan menggunakan ArcGIS, pengguna dapat membuat label pada objek spasial secara mudah dan fleksibel.

Tips

Untuk membuat label yang lebih akurat dan lebih kompleks, pengguna dapat mengaktifkan Maplex Label Engine pada ArcGIS.

Kesimpulan dari Variasi Membuat Label Di ArcGIS

Membuat label pada ArcGIS dapat dilakukan dengan berbagai variasi cara, seperti menggunakan field, expression, atau Maplex Label Engine. Pengguna dapat menyesuaikan label dengan format peta yang diinginkan, serta membuat label yang lebih akurat dan lebih kompleks dengan menggunakan Maplex Label Engine.

Baca Juga :   Biaya Membuat Imb Rumah Pribadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *